Jalan Sunyi Lektol. Dr Soebandi, TVRI Tayang Nasional Jumat 13 Mei 2022 Pukul 14.30 WIB

- Kamis, 12 Mei 2022 | 15:48 WIB
Rina Fahlevi penyiar yang juga produser video dokumenasi: Jalan Sunyi Letkol dr Seobandi, memerankan Rr Soekesi, istri pejuang dr Soebandi. Foto: @gandiwasono
Rina Fahlevi penyiar yang juga produser video dokumenasi: Jalan Sunyi Letkol dr Seobandi, memerankan Rr Soekesi, istri pejuang dr Soebandi. Foto: @gandiwasono

HELLOJATIM- "Saya merinding liatnya. Sebagai penulis buku biografi “Letkol. RM. dr. Soebandi, Jejak Kepahlawanan Dokter Pejuang” mata saya pun basah ketika menulis episode ini.

Begitulah ungkap Gandi Wasono menyampaikan unggahan untuk merespon proses pembuatan video dokumenter: Jalan Sunyi, Lektkol. dr Soebandi, pada instagram.com@gandiwasono, Selasa 11 Mei 2022. 

Dia mengatakan,"Momen ini menurut saya adalah salah satu peristiwa yang sangat memilukan bagi ibu Rr. Soekesi. Ini adalah surat terakhir yang diterima dari suaminya Letkol dr. RM. Soebandi, dari tempat ia bergerilya.

Jaga anak-anak dengan baik. Kalau Tuhan mengijinkan kita akan dipertemukan lagi.”

Kalimat tersebut adalah kalimat terakhir, karena tak lama setelah itu sang dokter pejuang itu ditembak Belanda dan jasadnya baru diketemukan 13 bulan kemudian di desa Karang Kedawung, Mumbulsari, Jember pada 23 Maret 1950.

Baca Juga: Strategi Militer Pencegahan Terpadu ala Biden Gagal di Ukraina

Sebagian kru teater Begandring Soerabaya yang memainkan seluruh adegan dalam video dokumenter: Jalan Sunyi Letkol. Soebandi, garapan sutradara Andre Arisotya tayang nasional di TVRI Kamis 13 Mei 2022, pukul 11.00-11.30 WIB. Foto: Dok TVRI Jawa Timur

Syukur alhamdulillah, biografi yang saya tulis bersama mas Priyo Suwarno dengan editor, mas Henry Ismono yang dilaunching pada 9 Februari 2019 diangkat menjadi film dokumenter oleh TVRI dengan judul "Jalan Sunyi Letkol dr. Soebandi" dan akan tayang secara nasional, pada hari Jumat 13 Mei 2022, pukul 14.30 WIB.

Baca Juga: Hampir 10 Tahun Masih di Awang-awang, Realisasi Dunia Fantasi di Bekas Area Pabrik Soda Waru

Menangis Dua Kali

Halaman:

Editor: Priyo Suwarno

Sumber: @gandiwasono

Tags

Terkini

X