Kabar Baik! Kini Surabaya berada di PPKM Level 1

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:21 WIB
Lambang Kota Surabaya
Lambang Kota Surabaya

HELLO JATIM – Pemerintah resmi memperpanjang PPKM di Jawa-Bali hingga 1 November. Kabar terakhir, penentuan level tidak lagi dalam satu wilayah aglomerasi.

Setelah status Sidoarjo dan Gresik ‘dipisah’ dari aglomerasi Surabaya Raya, kini Kota Surabaya pun langsung turun dua level. Dari yang sebelumnya PPKM level 3, kini Kota Surabaya berada di level 1.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terbaru nomor 53 tahun 2021, di provinnsi Jawa Timur hanya ada 5 kabupaten/kota yang masuk di PPKM level 1. Wilayah tersebut yaitu Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, Kota Kediri, dan Kota Blitar.

Kebijakan perubahan syarat PPKM level 1-4 disampaikan oleh Menko Mavers, Luhut Binsar Pandjaitan, Senin 18 Oktober 2021.

 Baca Juga: Kontrak Eksklusif Berakhir, Inikah Penyebab Lambatnya Respon Salt Entertainment?

“Atas persetujuan dari Presiden, syarat vaksinasi kabupaten/kota di aglomerasi diubah berdasarkan capaian kabupaten/kota itu sendiri, selama keseluruhan aglomerasi sudah memenuhi syarat WHO untuk turun level,” uajrnya.

Pencapaian vaksinasi di Kota Surabaya memang paling cepat dan terbanyak di jawa Timur. Menurut data yang dihimpun dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, hingga Senin 18 Oktober 2021, capaian vaksinasi dosis pertama di Kota Surabaya sudah menembus 2,5 juta orang (112,74%) dan dosis kedua mencapai 1,91 juta orang (86,31%).

 Baca Juga: Pihak Salt Entertainment, Akhirnya Merespon Rumor ‘Skandal Aktor K’

Selain indikator capaian vaksinasi, Kota Surabaya turun menjadi PPKM level 1 karena telah memenuhi syarat indikator dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia).

Halaman:

Editor: Jacobus E. Lato

Sumber: Beragam

Tags

Terkini

Gempa Bumi 4,4 SR Guncang Surabaya Pagi Ini

Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:10 WIB

Kabar Baik! Kini Surabaya berada di PPKM Level 1

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:21 WIB
X