Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Jalani Uji Kepatutan dan Kelayakan di Komisi I DPR RI

- Sabtu, 6 November 2021 | 12:16 WIB
Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa./istimewa
Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa./istimewa

HELLO JATIM - Calon tunggal Panglima TNI yang masih menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan akan memprioritaskan pelaksanaan 15 tugas TNI. Termasuk operasi militer untuk perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP) berdasarkan pada undang-undang yang berlaku.

Pernyataan ini disampaikan Andika Perkasa saat memaparkan visi dan misi sebagai Panglima TNI dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) Komisi I DPR, Sabtu 6 November 2021.

Baca Juga: Tim Gabungan Identifikasi Enam Korban Meninggal Banjir Bandang di Kota Batu

"Yang pertama dan terpenting bagi saya adalah bagaimana kita melaksanakan tugas-tugas TNI dengan lebih mengembalikan kepada peraturan perundang-undangan yang ada," katanya.

Menurut Andika terdapat tiga tugas utama yang diemban TNI berdasarkan UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, yakni menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dan melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah.

Baca Juga: Untuk Sita Satu Aset Tommy Soeharto, Satgas BLBI Kerahkan Pengawalan Satu SST Pasukan TNI

Tugas-tugas yang dijalankan TNI selama ini sudah diatur dalam UU maupun peraturan turunannya. Namun, Andika menilai masih terdapat kelemahan dalam detail dan implementasi aturan perundang-undangan tersebut.

"Dan itu yang menjadi prioritas pertama saya. Bagaimana mengembalikan tugas-tugas yang kita lakukan ini dengan benar-benar berpegang pada peraturan perundang-undangan. Jangan kelebihan dan harapan saya tidak akan mengambil sektornya kementerian atau lembaga lain," ungkapnya.


Editor: Vincent Hakim

Terkini

Kasasi Irjen Pol Napoleon Bonaparte Terhenti di MA

Kamis, 4 November 2021 | 22:17 WIB
X