Keluar Masuk Sungai dan Hutan, Ayu Zubaidah dari Honorer Kini Jadi Rescuer SAR Tabalong

- Jumat, 13 Mei 2022 | 13:35 WIB
Ayu Zubaidah, satu satunya rescuer perempuan di unit siaga SAR Tabalong, kantor  Basarnas Banjarmasin. Foto:@basarnas_kalsel
Ayu Zubaidah, satu satunya rescuer perempuan di unit siaga SAR Tabalong, kantor Basarnas Banjarmasin. Foto:@basarnas_kalsel


HELLOJATIM- Perempuan ini bernama  Ayu Zubaidah. Dia adalah satu-saturnya perempuan yang masuk dan beertugas di  unit siaga pencarian dan pertolongan Tabalong, kantor pencarian dan pertolongan Banjarmasin. Lahir di kabupaten Tabalong 22 Agustus 1997.  

"Pada tahun 2017 saya mendaftarkan diri sebagai honorer di Basarnas dan di tempatkan di Tabalong selama kurang lebih 4 tahun menjadi honorer di Basarnas. Tahun 2020 mendaftar penerimaan CPNS di Basarnas dan berhasil lulus dengan jabatan rescuer," katanya.

Selanjutnya, Desember 2021 dirinya berdinas di Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin sampai dengan Februari 2022. Lalu, Maret 2022 ditugaskan ke unit siaga SAR Tabalong hingga sekarang.

Selama bergabung di Basarnas dirinya sudah melaksanakan puluhan tugas kondisi membahayakan manusia (KKM) seperti orang tenggelam dan orang hilang di hutan.

Baca Juga: KKN di Desa Penari Tembus 4 Juta Penonton, Ipuk: Bener Nggak Sih Lokasi Desa Aslinya?

Baca Juga: Sosok Alfred Schreuder Disebut Menjadi Pelatih Ajax Amsterdam yang Baru

"Tidak mudah menjadi seorang penyelamat Basarnas apalagi sebagai perempuan. Jumlah rescuer perempuan memang tidak terlalu banyak di Basarnas, tapi peran kami sangat penting. Kami bisa masuk sebagai penyelamat, staf humas, staf komunikasi itu juga sangat penting dalam operasi pencarian dan pertolongan,"bebernya.

Menurut Ayu, semua pekerjaan sebagai rescuer bisa dikerjakan asal berkomitmen, fokus dan selalu disiplin.

Kelobosan keluar masuk sungai, laut dan hutan memberi mencari dan menolong orang. Foto: @basarnas_kalsel

Baca Juga: Kado Indah dari Pelatih Erik ten Hag Sebelum ke MU, Ajax Amsterdam Raih Gelar Juara Eredivisie

Baca Juga: Berbagai Rencana Taliban Pakistan

Halaman:

Editor: Priyo Suwarno

Tags

Terkini

X