Ijazah Jokowi Kok Beda? Begini Jawaban Rektor Universitas Gajah Mada

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 20:34 WIB
Rektor UGM, Ova Emilia saat menggelar konferensi oers tentang keabsahan ijazah Presiden Joko Widodo, Selasa 11 Oktober 2022. Foto: tangkap layar video@terang_media
Rektor UGM, Ova Emilia saat menggelar konferensi oers tentang keabsahan ijazah Presiden Joko Widodo, Selasa 11 Oktober 2022. Foto: tangkap layar video@terang_media



HELLOJATIM- Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan konferensi pers terkait isu keaslian ijazah Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa sore, 11 Oktober 2022.

Pihak UGM menjawab pertanyaan terkait narasi yang marak beredar di media sosial, tentang perbandingan ijazah Jokowi yang disebut beda dengan alumni UGM lain.

Dalam narasi yang beredar di medsos, ijazah Jokowi disebut berbeda ketika dibandingkan dengan alumni fakultas lain di tahun yang sama. Jokowi sendiri diketahui lulus dari Fakultas Kehutanan UGM tahun 1985.

Menanggapi hal itu, Rektor UGM Prof Ova Emilia mengatakan pada tahun 1985 pembuatan ijazah belum terkomputerisasi. Saat itu, lanjutnya, ijazah yang diterbitkan UGM masih menggunakan tulisan tangan.

Baca Juga: Massa Pendekat Silat Ngumpul di Jalan Veteran Lamongan, Ternyata Ini Penyebabnya

Baca Juga: Hujan Lagi Sungai Cimadur Meluap, Jembatan Permanan Cimangak- Bayah Timur Putus

Pada waktu sebelum computerized, kelulusan ijazah menggunakan tulis halus. Sehingga kadang-kadang ada perbedaan satu dengan yang lain, tapi kami tetap punya dokumen aslinya," ujar Prof Ova dalam konferensi pers di UGM, Selasa 11 Oktober 2022.

Dekan Fakultas Kehutanan UGM Sigit Sunarta menambahkan, pihaknya telah membandingkan ijazah Jokowi dengan ijazah milik teman-teman satu angkatan yang lulus di tahun bersamaan. Hasilnya ijazah tersebut sama persis.

Baca Juga: Seminggu Menghilang, Susianti Rambe Ditemukan Membusuk Dalam Mobil Rusak

Baca Juga: Kesurupan, Perempuan Ini Berdiri di Atas Rumah Tetangga dan Tertawa Terbahak-bahak

Kami sudah mencoba melihat mengenai format ijazah yang diterima Jokowi dengan teman satu angkatan yang lulus bersamaan. Di situ persis formatnya sama ditulis dengan tulisan tangan halus. Kalau untuk fakultas lain saya tidak tahu pasti tapi di Fakultas Kehutanan seragam," terang Sigit.

Baca Juga: Hujan Deras Sungai Cimadur Meluap, Sebuah Rumah Hanyut Terbawa Air di Lebak Selatan,

Baca Juga: Ijazah Presiden Jokowi Digugat, Rektor UGM Langsung Beri Keterangan Hari Ini

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) digugat ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. Gugatan itu terkait dengan dugaan ijazah palsu yang digunakan Jokowi saat mendaftarkan pemilihan presiden pada periode 2019-2024. (*)

Editor: Priyo Suwarno

Tags

Terkini

Terpopuler

X