Polri Lakukan Autopsi Ulang Jenazah Brigadir Yosua, dan Dimakamkan Kembali Secara Dinas

- Rabu, 27 Juli 2022 | 17:42 WIB
Humjas Mabes Polri menggelar konferensi pers tentang pelaksanaan autopsi ulang jenazah brigader J, Rabu 27 Juli 2022. Foto: Humas Mabes Polri
Humjas Mabes Polri menggelar konferensi pers tentang pelaksanaan autopsi ulang jenazah brigader J, Rabu 27 Juli 2022. Foto: Humas Mabes Polri

HELLOJATIM-  Proses autopsi ulang jenazah Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J di RSUD Sungai Bahar, Muaro Jambi, telah selesai, Rabu 27 jULI 2022,  pukul 13.00 WIB.

Saat ini jenazah Brigadir J dibawa kembali ke tempat pemakamannya yang jaraknya sekitar 2 km dari RSUD Sungai Bahar. Untuk pemakaman kembali, pihak keluarga meminta dimakamkan secara kedinasan kepolisian.

Kini, pemakaman Brigadir Yosua dimakamkan dengan ucapara kedinasan. Hal itu dilakukan oleh Polres Muaro Jambi.

Samel Hutabarat, ayah almarhum Brigadir J dalam kata sambutannya, menyerahkan jenazah putranya, Brigadir Yosua kepada Polres Muaro Jambi agar dilangsungkan prosesi upacara kedinasan militer/kepolisian.

Baca Juga: Wanita Dimutilasi Jadi 11 Potong di Semarang, Ternyata Ini Pengakuan Pelakunya

Baca Juga: Dipanjati Penonton, Pagar Pembatas JIS Roboh dalam Acara Peresmian

Dijaga ketat pelaksanaan autopsi ulang jenazah brigader J dan pemakaman ulang dalam prosesi kedinasan, Rabu 27 Juli 2022. Foto: Humas Mabes polri

Baca Juga: Kasus Penembakan Istri Anggota TNI, Kapolrestabes: Tim Gabungan Sudah Tangkap Tersangka

Baca Juga: Ditemukan Jasad Wanita Berbaju Merah, Kurang dari 24 Jam Polisi Menangkap Tersangka

Dalam hal ini Kapolres Muaro Jambi AKBP Yuyan Priatmaja langsung memimpin jalannya porosesi upacara pemakaman.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah memeriksa tim dokter forensik terkait kasus kematian Brigadir Novriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J. Komnas HAM menilai dokter forensik dari kepolisian telah menerangkan secara komprehensif soal autopsi jenazah Brigadir J.

Baca Juga: Tim SAR Yogya Selamatkan Warga Padang yang Terjepit di Dalam Kursi Kemudi Mobil

Baca Juga: Warga Grebek Lelaki dan Perempuan Masuk Toilet Masjid Bersama, Ternyata Oknum Kepala Sekolah


"Beberapa hari yang lalu kami mengundang tim Dokkes (Kedokteran dan Kesehatan) datang kemari, dan sebagaimana dijanjikan tepat pada waktu itu datang dan sudah memberikan keterangan seluas-luasnya kepada Komnas HAM. Kalau nanti masih ada kami ingin tanya lagi, masih terbuka juga kesempatan," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Komnas HAM, Senin 25 jULI 2022.

Taufan mengatakan keterangan komprehensif dari tim Dokkes Polri nantinya akan dikaji oleh Komnas HAM. Selain itu keterangan tersebut akan disinkronkan dengan keterangan dari keluarga Brigadir J dan ahli yang diundang oleh pihaknya.

"Tapi tadi sampai selesai pertemuan, kami merasa bahwa keterangan dari tim Dokkes ini sudah sangat komprehensif. Dan nanti hasil-hasilnya akan kami olah, kami padukan, kroscek analisisnya dengan hasil-hasil yang sebelumnya kami dapatkan baik dari pihak keluarga Almarhum Yoshua maupun dengan ahli yang kami undang," jelas Taufan.

Halaman:

Editor: Priyo Suwarno

Sumber: @kabarnegri

Tags

Terkini

Terpopuler

X