Jika Tidak Ada Kader Muda, KASAD Pengganti Andika akan Diisi Satu dari 16 Jenderal

- Minggu, 7 November 2021 | 18:47 WIB
Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Sekretaris Partai Golkar dan Wakil Ketua DPR Paulus Lodewijk seusai Jenderal Andika Perkasa jalani fit and proper test.
Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Sekretaris Partai Golkar dan Wakil Ketua DPR Paulus Lodewijk seusai Jenderal Andika Perkasa jalani fit and proper test.

 

HELLO JATIM –Nasib Calon Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa tinggal menunggu rapat paripurna pengesahan DPR RI, Senin, 8 November 2021 besok dan pelantikan dirinya oleh Presiden sebagai Panglima TNI. Pada waktu bersamaan, posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang ditinggalnya harus diisi.

Jika disiapkan, maka posisi KASAD akan diisi oleh kader muda TNI. Dan jika sebaliknya, maka, jabatan lowong itu akan diisi oleh satu dari enam belas jenderal yang bakal segera purnatugas dalam waktu dekat.

Menurut Sekjen Partai Golkar sekaligus Mantan Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopasus) dan Wakil Ketua DPR, Lodewijk Paulus, Panglima TNI berhak memilih KASAD setelah diproses oleh Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).

"Calonnya ada berapa, ada 16 bayangin, ada 16 bintang tiga seluruhnya di TNI dari Angkatan Darat,” kata Lodewijk kepada wartawan usai fit and proper test Andika Perkasa di DPR RI, Sabtu (6/11).

Baca Juga: Tuan Rumah Manchester United Ditaklukkan Saingan Sekota MCity Dalam Pertarungan Liga Premier

Baca Juga: Sedikitnya 92 Orang Tewas Ketika Tanki Minyak Meledak Akibat Tabrakan Bus di Sierra Leone, Afrika

Berdasarkan Undang-Undang No.34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI), usia pensiun perwira TNI adalah 58 tahun. Itu berarti, para perwira kelahiran 1963, sudah atau sedang memasuki masa purnatugas.

Para perwira tersebut rata-rata berasal dari Akademi Militer (Akmil) tahun 1986. Yang termasuk alumnus Akmil angkatan tahun itu adalah Marsekal Hadi Tjahjanto yang kini memangku jabatan Panglima TNI.

Baca Juga: BKN Tidak Berniat Gelar Seleksi Ulang CPNS Menyeluruh Walau Diminta Anggota DPR karena Diduga Ada Kecurangan

Halaman:

Editor: Jacobus E. Lato

Sumber: rmolbanten.com

Tags

Terkini

Gojek dan Tokopedia Dituntut 2 T Karena Merk Dagang

Selasa, 9 November 2021 | 20:59 WIB

Gempa Bumi 5,9 Skala Ritcher Guncang Maluku Tengah

Kamis, 4 November 2021 | 21:35 WIB
X