Rapat Komisi I DPR Setuju Jenderal TNI Andika Perkasa Sebagai Calon Panglima TNI

- Sabtu, 6 November 2021 | 22:04 WIB
Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto: Youtube
Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto: Youtube


HELLO JATIM – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui pencalonan Jenderal TNI Andika Perkasa. Ia menjadi calon panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan segera pensiun. Persetujuan tercapai dalam dalam rapat internal Komisi I DPR yang digelar setelah uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test atas Andika, Sabtu, 6 Nopember 2021.

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, SE, MA, MSc sebagai panglima TNI," demikian kata Ketua Komisi I Meutya Hafid.

Rapat internal Komisi I DPR, urai Meutya juga menyetujui pemberhentian Marsekal Udara Hadi Tjahjanto dengan hormat sebagai Panglima TNI, serta memberikan apresiasi atas dedikasinya.

Marsekal Hadi Tjahjanto resmi dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo pada 8 Desember 2017. Pria kelahiran Lawang, Malang, Jawa Timur, 8 Nopember 963 ini akan segera memasuki memasuki masa pensiun pada Nopember 2021 tahun ini.

Baca Juga: Hasil Interogasi Polisi: Sopir Vanessa Akui Sempat Main Ponsel Sebelum Kecelakaan

Selanjutnya, hasil rapat internal tersebut diajukan dalam rapat paripurna DPR pada Senin 8 Nopember 2021 untuk mendapatkan persetujuan DPR.

Jenderal Andika Perkasa mengusung visi "TNI Adalah Kita" ketika dicalonkan menjadi Panglima TNI. Dengan visi tersebut, urainya, ia ingin agar TNI dipandang sebagai bagian dari masyarakat Indonesia maupun internasional.

Baca Juga: Usai Uji Kepatutan dan Kelayakan, Komisi I DPR RI Restui Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

"Jadi kalau berangkat dari vision statement, Ibu, saya memilih 'TNI Adalah Kita'. Memang sangat singkat sekali, tetapi justru di sini saya ingin masyarakat Indonesia, masyarakat internasional untuk melihat TNI ini sebagai kita, atau bagian dari mereka," ujar Andika kepada Meutya Hafidz.

Andika menjadi calon tunggal Panglima TNI usulan Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun dalam waktu dekat.

Halaman:

Editor: Jacobus E. Lato

Sumber: kompas.com

Tags

Terkini

Gojek dan Tokopedia Dituntut 2 T Karena Merk Dagang

Selasa, 9 November 2021 | 20:59 WIB

Gempa Bumi 5,9 Skala Ritcher Guncang Maluku Tengah

Kamis, 4 November 2021 | 21:35 WIB
X