Puncak HUT ke-13 Hipgabi Jatim Gelar Tiga Kegiatan Libatkan Ratusan Partisipan

- Senin, 4 Juli 2022 | 22:15 WIB
Acara Seminar Nasional (atas) dan kompetisi  antar mahasiswa/i yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-13 Hipgabi Jawa Timur (bawah)
Acara Seminar Nasional (atas) dan kompetisi antar mahasiswa/i yang digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-13 Hipgabi Jawa Timur (bawah)

HELLO JATIM - Acara peringatan ke-13 Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (Hipgabi) Jawa Timur menggelar tiga kegiatan yang melibatkan ratusan partisipan dari berbagai wilayah Indonesia. Rangkaian acara dilaksanakan selama dua hari, 2-3 Juli 2022, yang dipungkasi acara seminar nasional (seminas) keperawatan dengan tema Peran dan Kolaborasi Elemen Pentahelix dalam Meningkatkan Ketangguhan Masyarakat Terhadap Bencana.

Ketua Hipgabi Jatim Ketua Hipgabi Jatim Dr Sriyono, S. Kep., Ns., M.Kep. Ns.Sp.Kep.MB dalam sambutannya berharap saling mengingatkan peran masing-masing, koordinasi maupun kolaborasi sehingga elemen pentahelix ini bisa saling bekerjasama dalam rangka memaksimalkan layanan pada penanggulangan bencana. “Mari kita satukan langkah khususnya pengurus Hipgabi Jawa Timur semakin solid,” ujar Sriyono.

Selain seminas, Hipgabi Jatim menginginkan calon perawat sedini mungkin mendapatkan paparan kompetensi standar penanganan kegawatdaruratan. Dimana penanganan tersebut dilakukan di luar rumah sakit dan memerlukan tahapan yang teliti dan benar.

Menurut Tony Suharsono M. Kep, penanganan kegawatdaruratan pre-hospital yaitu pertolongan di luar rumah sakit. Di khususkan pada mahasiswa calon perawat agar lebih awal untuk berlatih. Lomba dipilah menjadi 2 yaitu penanganan trauma di luar RS, dan penanganan permasalahan  cardio vaskuler untuk seluruh indinesia. Total peserta penanganan permasalahan  cardio vaskuler 68 tim, yang dari lomba penanganan trauma ada 56 tim, total peserta sekitar 400 mahasiswa

Baca Juga: Polda Banten Penangkapan Sindikat Narkoba dengan Bukti 43 Kg Sabu dan 494 Ekstasi

“Kompetisi Tatalaksana Kegawatdaruratan pre hospital pada kegawatan jantung dan trauma yang diikuti peserta dari perguruan tinggi keperawatan jalur reguler,  relawan, dan satuan kegiatan mahasiswa,” ujar Tony Suharsono.

Mengingat kegawatdaruratan biasanya dilaksanakan di luar rumah sakit, seperti petugas ambulan. Diharapkan kompetisi ini melatih para perawat seawal mungkin memberikan pengalaman dan sejauh mana pemaham terhadap tatalaksana kegawatdaruratan. Mereka harus mahir,” ujar Sriyono yang juga menjadi salah satu dari tiga juri kompetisi tersebut.

Selain itu juga diadakan kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) berupa pelatihan basic life support (BLS) untuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), ekstrakurikuler siswa dan relawan penanggulangan bencana di depan Kantor Manajemen di Kampus C Universitas Airlangga, Sabtu (2/7/22) mulai pukul 07.00 hingga selesai.

‘Peserta hadir 100 lebih dari 15 instansi dan institusi se Jawa Timur terdiri dari unsur mahasiswa, UKM, kelompok suka rela (KSR), Mahasiswa pecinta alam (Mapala) juga dari unsur ektra kurikuler siswa, relawan yang tergabung di SKPD jawa timjur  dan dari crisis center, “ papar Tony Suharsono. M.Kep, penganggung jawab kegiatan.

Halaman:

Editor: Jacobus E. Lato

Sumber: Beragam Sumber

Tags

Terkini

Bupati Ikfina Minta Pemuda Harus Inovatif

Senin, 13 Juni 2022 | 22:30 WIB
X