Di Tengah Pandemi Covid-19, Perekonomian Jatim Tumbuh 3,03 Persen pada Triwulan Tiga 2021

- Jumat, 5 November 2021 | 19:28 WIB
Ilustrasi.                                   Foto: shutterstock.com
Ilustrasi. Foto: shutterstock.com


HELLO JATIM – Di tengah tekanan pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, dan berdampak buruk terhadap seluruh sendi kehidupan ekonomi masyarakat, Jawa Timur mencatat pertumbuhan ekonomi 3,03 persen pada triwulan ke 3 tahun 2021. Dengan demikian, Jawa Timur menjadi penyumbang pertumbuhaan perekonomian terbesar Pulau Jawa selama triwulan ketiga tahun 2021.

Pertumbuhan ekonomi itu menggembirakan di tengah situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang belum rampung. Jawa Timur di triwulan ke 3 ini mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 3,03 persen,” urai Dadang Hardiwan Kepala Biro Pussat Statistik (BPS) Jawa Timur, Jumat, 5 November 2021.

Menurut Dadang, berkat pertumbuhan ekonomi tersebut, Jawa Timur menjadi penyumbang pertumbuhan perekonomian terbesar Pulau Jawa pada periode tiga bulan ke tiga di tahun 2021.

“Kami mencatat juga, bahwa dengan pertumbuhan perekonomian di Jawa Timur sebesar 3,03 persen tersebut di masa pandemi ini, maka Jawa Timur menjadi penyumbang terbesar kedua bagi pertumbuhan perekonomian di Pulau Jawa. Sumbangan atau kontribusi Jawa Timur sekitar 25,33 persen,” tambah Dadang.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Sampai di Tanah Air Langsung Jalani Karantina Mandiri di Istana Bogor

Baca Juga: Polisi Terus Dalami Kecelakaan Tunggal yang Menewaskan Artis Vanessa dan Suaminya

Ketika menyinggung tentang dampak pandemi Covid-19 terhadap dinamika kehidupan masyarakat, Dadang menyebutkan bahwa dampaknya memang ada, khususnya pada kondisi ketenagakerjaan di Jawa Timur.

BPS Jawa Timur mencatat bahwa selama Agustus 2021, tingkat pengangguran terbuka di Jawa Timur mencapai 5,74 persen dari jumlah total penduduk usia kerja.

Baca Juga: 60 Orang Dilaporkan Tewas Dalam Serangan Terhadap Penduduk Sebuah Desa di Barat Daya Niger

“Selama masa pandemi Covid-19 ini, kami mencatat kondisi ketenagakerjaan di Jawa Timur berdasarkan usia kerja serta aturan dari ILO, pada Agustus 2021 ada sebesar 5,74 persen pengangguran terbuka. Tentunya angka ini juga bagian dari dampak pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir hingga di triwulan ke tiga tahun 2021,” kata Dadang.

Halaman:

Editor: Jacobus E. Lato

Sumber: Suara Surabaya

Tags

Terkini

Sempat Dibuka, Wisata Gunung Bromo Kembali Ditutup

Rabu, 6 Oktober 2021 | 09:52 WIB
X