Satelit AI China Mampu Deteksi Latihan Militer Kapal Induk USS Harry S Truman secara Real Time

- Rabu, 11 Mei 2022 | 19:22 WIB
USS Harry S. Truman saat berada di selat Souda. Foto: SOUDA BAY, GREECE 12.06.2010 Photo by Paul Farley  U.S. Navy
USS Harry S. Truman saat berada di selat Souda. Foto: SOUDA BAY, GREECE 12.06.2010 Photo by Paul Farley U.S. Navy

HELLOJATIM- Ketika USS Harry S. Truman sedang menuju ke latihan transit selat di lepas pantai Long Island di New York pada 17 Juni 2021 tahun lalu, sebuah satelit penginderaan jauh China yang ditenagai oleh teknologi kecerdasan buatan terbaru secara otomatis mendeteksi kapal induk kelas Nimitz dan memperingatkan Beijing dengan koordinat secara tepat, menurut sebuah studi baru oleh para ilmuwan luar angkasa China.

Latihan tembakan langsung hari itu melibatkan aksi gabungan tujuh kapal perang dan banyak pesawat untuk mensimulasikan pertarungan melawan musuh yang kuat saat melewati perairan sempit, demikian diwartakan situs www.intellasia.net, Rabu 11 Mei 2022.

Armada menguji berbagai taktik seperti mengubah formasi dan membuat manuver darurat untuk mencegah kapal selam musuh dan ancaman lainnya, menurut Angkatan Laut AS.

Di masa lalu, militer Cina harus mengumpulkan dan menganalisis sejumlah besar data satelit mentah di lapangan untuk mendapatkan petunjuk tentang detail latihan semacam itu yang terjadi di perairan AS, dan hasilnya biasanya muncul setelah acara selesai. 

Baca Juga: Warga Ratatotok Minahasa Masih Pegang Tradisi Gotong Royong Memindahkan Rumah

Baca Juga: Hampir Terpeleset, Bupati Cianjur Tinjau Lokasi Jembatan Ambrol di Sungai Cikurutug

Tetapi dengan satelit bertenaga AI, Beijing dapat mendeteksi dan "menyiarkan langsung" aktivitas militer atau aset yang menarik di sisi lain planet ini, menurut ilmuwan ruang angkasa Yang Fang dan rekan-rekannya dengan DFH Satellite di Beijing dalam sebuah makalah yang diterbitkan review jurnal Spacecraft Engineering bulan lalu.

Satelit yang menangkap kapal induk AS dalam tindakan itu sangat cerdas, dapat mengidentifikasi berbagai target taktis atau strategis dengan menganalisis lebih dari 200 bingkai gambar definisi tinggi per detik, kecepatan yang akan dihadapi oleh beberapa komputer berbasis darat. untuk mencapai, menurut tim Cina.

USS Harry S. Truman saat melintasi lautan Atlatik 17 Juni 2021. Foto: US Navy

Baca Juga: Bupati Bojonegoro Serahkan SK PPPK kepada 250 Guru Honorer, Tambah Kerja dan Komitmen

Halaman:

Editor: Priyo Suwarno

Sumber: intellasia.net

Tags

Terkini

X