Sedikitnya 92 Orang Tewas Ketika Tanki Minyak Meledak Akibat Tabrakan Bus di Sierra Leone, Afrika

- Sabtu, 6 November 2021 | 23:31 WIB
Suasana pascakebaran akibat tabrakan antara truk tanki dengan bus. Foto: AP
Suasana pascakebaran akibat tabrakan antara truk tanki dengan bus. Foto: AP

 

HELLO JATIM - Sebuah truk tanki minyak meledak di dekat ibu kota Sierra Leone menewaskan sedikitnya 92 orang dan melukai puluhan lainnya ketika massa memadat berebutan berusaha mengumpulkan tumpahan minyak dari tanki di sebuah pasar yang padat, kata pejabat dan saksi setempat, Sabtu, 6 November 2021.

Ledakan terjadi Jumat malam setelah sebuah bus menabrak truk tanki di sebuah pasar yang padat di kawasan Wellington, pinggiran kota di sebelah timur Freetown.

Jumlah korban yang tewas dalam insiden itu masih simpang siur. Kamar mayat di Rumah Sakit Connaught melaporkan 92 mayat telah dibawa pada Sabtu pagi. Sekitar 30 korban luka bakar parah diperkirakan tidak akan selamat, menurut Foday Musa, seorang anggota staf di unit perawatan intensif.

Sementara itu, Kantor Berita Reuters dan AFP melaporkan sedikitnya, 99 orang tewas dan 100 lainnya sedang dirawat akibat insiden itu.

 Baca Juga: BKN Tidak Berniat Gelar Seleksi Ulang CPNS Menyeluruh Walau Diminta Anggota DPR karena Diduga Ada Kecurangan

Ledakan itu, menurut AFP terjadi di sebuah perempatan di luar Pasar Choithram yang sangat ramai, di kawasan satelit Wellington yang padat penduduk. Diperkirakan kejadiannya berlangsung Jumad malam, pukul 22:00 GMT.

Sebuah bus penuh penumpang dilaporkan tewas seluruhnya termakan kobaran api. Di tempat kejadian, urai AFP, jenazah yang terbakar ditemukan terbaring dalam kendaraan yang terbakar.

 Baca Juga: Rapat Komisi I DPR Setuju Jenderal Komisi I DPR Setuju Jenderal TNI Andika Perkasa Sebagai Calon Panglima TNI

Orang-orang yang terluka yang pakaiannya terbakar api akibat ledakan berbaring telanjang di atas tandu ketika perawat merawat mereka pada Hari Sabtu. Ratusan orang berkerumun di luar gerbang utama kamar mayat dan di dekat pintu masuk utama rumah sakit, menunggu kabar dari orang yang mereka cintai.

Halaman:

Editor: Jacobus E. Lato

Sumber: AP News

Tags

Terkini

X